Selasa, 12 Oktober 2010

Mudik Tahap ke-2. Saat Balik ke Kembali ke Batavia

Ini saya coba menulis laporan mudik kedua pekan lalu. Hehehe. Baru sempet.

Dua pekan yang lalu, kurang lebih, saya mudik ke Purwokerto, sebuah kota yang sangat indah. Lebih indah dari Dubai..!! Halaahh...!!!
.Ini kali kedua saya mudik. Mudik yang pertama adalah bulan akhir Juni kemarin. Ritual mudik saya memang berbeda dengan orang kebanyakan. Kalo mayoritas penduduk Indon, melakukan ritual ini pada saat Idul Pitri eeh Fitri, tapi saya justru menghindari mudik saat lebaran. Kenapa? Karena saya ini orang yang lemah iman sekaligus lemah syahwaat...eee salah!!, lemah fisik. Jaan salah ketik mulu. Males banget berjejal2an di jalan, macet, dan yang lebih gak nyaman kalo mudik saat menjelang lebaran adalah masalah sholat. Yaa biar jelek gini, saya selalu berusaha bersikap PROFESIONAL dalam "bekerja" kepada Allah SWT. Saya selalu berusaha melaksanakan sholat lima waktu, tepat waktu, dan berjamaah di masjid. Nah kalo pas lagi dalam perjalanan saat mudik, prosedur seperti ini sangat sulit dilaksanakan. Kalo punya kendaraan pribadi sih, bisalah, tiap tiba waktu sholat, berhenti sebentar mampir masjid. Meski dengan resiko waktu tempuh perjalanan bisa lebih lama. Naa kalo naik kendaraan umum gimana?? Saya kan gak punya apa2. Becak aja gak punya apalagi kereta api. Naik kereta api atau bis, dengan penumpang yang begitu berjubel. Sungguh sulit kalo harus sholat di kendaraan. Walaupun secara syariat diperbolehkan. Tapi sungguh sangat tidak nyaman, dan menyiksa !!.

Okay. Saya berangkat tanggal 2 Okt 2010, hari Sabtu sore. Keluar dari "Istana" ( ceilaah...) jam 5-an. Sengaja emang memilih hari Sabtu. Kalo menurut mitos wong Mbanyumas, tabu alias dilarang keras bepergian di hari Sabtu. Tapi, bagi saya yang asli tenan wong Mbanyumas, mitos seperti itu bagiku adalah NON SENSE ..!!!!! Kadang saya berpikir sangat positif dan konstruktif bahwa jangan-jangan nenek moyang Orang Mbanyumas itu keturunan Bangsat Semit alias Yahudi. Coba pikir, bukankah hari libur orang Yahudi itu hari Sabtu??? Dan di kalangan Yahudi, kalo hari Sabtu itu kagak boleh ngapa-ngapain. Berarti inyong orang Yahudi dong yaa?????? Huihihihi.
Saya terus terang malah seringkali dengan SANGAT SENGAJA melanggar mitos2 yang SANGAT TIDAK BERTANGGUNG JAWAB seperti itu. Tapi..sampai hari ini oke2 aja... . Yaa karena saya selalu coba ikuti PETUNJUK & PROSEDUR PERJALANAN yang diajarkan oleh Nabi saw. Ajaran Nabi saw ini berlaku untuk segala jaman dan untuk segala BANGSA ..!!

Dari kampus UI, naik ojek ke gang Kober Margonda. Sampai Jalan Margonda jam sudah menunjukkan pukul 17.20. Begitu nyampai ujung gang Kober, langsung nongol Bis Deborah, sebuah mikrobis rute Depok - Lebak Bulus, yang sejak saya naik pertama kali tahun 1996, belum pernah dapat pesaing..!!! Sempet ragu..langsung naik atau.. . Tapi belum sempet beli bekal. Akhirnya saya urung naik. Saya mampir dulu ke Alfamart. Setelah membeli segala sesuatu yg emang kudu dibeli, keluar dari Alfa, jam sudah menusuk ke angka 17.35. Keraguan menghinggap kembali. Terusin jalan atau nunggu maghrib dulu. Maghrib jam 17.50-an. Hmm, di sini terjadi lobi2 dari malaikat dan syetan. Malaikat membisiki supaya aku nunggu maghrib dulu, biar bisa sholat di awal waktu. Tapi syetan tak kalah cerdik. Dia bilang bis Sinar Jaya yang patas AC terakhir itu jam 18.30. Kalo maghrib dulu, ntar gak keburu. Toh perjalanan Depok Lebak Bulus cuman 45 menitan. Dijamak takhir aja sholatnya, maghrib gabung sama isya. Akhirnya setelah agak lemot mikirnya, imanku runtuh..!! Aku menuruti advice dari Iblis laknatullah 'alaih.

Jam 17.47 si Deborah datang. Sudah agak penuh. Ya emang kalo nunggu Deborah di Margonda, sangat kecil kemungkinan dapet tempat duduk. Aku pun sudah tak sabar, langsung loncat lewat pintu belakang. Hmmm bener khaan berdiriii deeh. Hati berharap bahwa perjalanan ke Lebak Bulus kan lancar Jaya. Prediksi durasi perjalanan sekitar 45 menit,syukur kurang, biar bisa ngejar Sinar Jaya yang jam 18.30 . Tapiii Allah punya rencana yang lain, dan seolah Dia hendak menegur saya dan mengatakan bahwa," Sungguh BODOH kamu Tur, mau ajah menuruti nasehat syetan dan mengabaikan ajakan malaikat.! Beneer dah, sungguh tolol aku ini. Mulai dari depan Universitas Pancasila sampai Tanjung Barat, bis berjalan merayap. Pelaaaan bangeeeetttzz. Hehhhh grgrghhh !! Selama perjalanan yang sangat tidak nyaman itu, diriku hanya bisa kesal dan menggerutu. Heran deeh, hari Sabtu gitu, jalur dari arah Depok ke Pasar Minggu begitu padat. Ada apa gerangan??? Biasanya, kalo dari Univ Pancasila emang dah biasa macet..tapi begitu melewati Pasar Lenteng Agung, lancar lagi. Tapi kali itu enggak. Macettt cet creeet ( eeehh kok creeett?? . Dan sampai sekarang, saat tulisan ini dibuat, aku belum dapat jawaban apa penyebabnya. Heheheh

Shits..!!! ( Astaghfirullah hal 'adziimm ). Nyampe Lebak Bulus Jam 18.50 !! Artinya 5 menit lagi isya. Udah deh gak mikirin lagi tuh Sijay ( Sinar Jaya booo ). Langsung aja daku ke mushola kecil deket loket. Express way. Salah satu ibadah sholat maghrib yang SANGAT TIDAK BERKUALITAS yang pernah aku jalanin.

Habis maghriban, aku bergegas ke loket Sijay. Ternyata emang betul. Sijay klas ekonomi AC seat 2-3 ( klas favoritku ) dah berangkat. Yang ada dan bentar lagi berangkat adalah klas eksekutif seat 2-2. Ya wislah aku milih yang ini aja. Tapi keraguan kembali datang. Bis ini berangkatnya jam 7 malam teng! Itu kan saatnya sholat isya???? MasyaAllah emang Syetan bin Iblis bener-bener lihai dan licik. Syetan membisiki sebagian besar manusia untuk lalai dan terhalang dari mendapatkan pahala yang besar. Jam-jam keberangkatan bis, kenapa selalu berbenturan dengan waktu-waktu sholat???


Tidak ada komentar:

Posting Komentar